nusakini.com - Tokyo – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, selama dua hari, mulai Rabu hingga Kamis (24-25/4). Dalam kunjungan ini, Menhub akan menemui sejumlah pihak untuk membahas kerja sama di bidang transportasi antar kedua negara.

“Hari ini dan besok, saya akan bertemu dengan sejumlah pihak, mulai dari Menteri Transportasi Jepang dan beberapa CEO yang berkecimpung di dunia transportasi. Sejumlah isu yang akan dibahas antara lain terkait proyek-proyek infrastruktur di tanah air, seperti Pelabuhan Patimban, MRT Jakarta dan TOD (Transit Oriented Development),” ujar Menhub.

Menhub menjelaskan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia untuk sektor transportasi sangat terbatas. Karena itu, butuh peran serta pihak swasta untuk menunjang proyek-proyek pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

“Insya Allah, semoga pertemuan-pertemuan yang dilakukan ini dapat memberikan arti yang baik bagi kemajuan bangsa Indonesia,” ungkap Menhub.

Untuk diketahui, pada hari pertama Menhub akan melakukan pertemuan dengan Special Advisor to the Prime Minister of Japan Masafumi Mori; Minister of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Japan, Tetsuo Saito; Chairman of the Japan Transport and Tourism Research Institute (JTTRI) and Chairman of International High-Speed Rail Association (IHR) Shukuri Masafumi, dan Toyota Tsusho Corporation yang diwakili oleh Kosuke Kunihiro selaku Division CEO of Green Infrastructure Division. Pada pertemuan-pertemuan ini, akan ditegaskan kembali komitmen Indonesia dan Jepang untuk meningkatkan kerja sama di bidang transportasi, serta kelanjutan atas kerja sama yang telah berjalan.

Sedangkan pada hari kedua, Menhub akan hadir dan menyampaikan keynote speech dalam acara Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum 2024 di KBRI Tokyo, kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Assistant Vice-Minister for International Aviation MLIT Japan Yamakoshi Toshihiro beserta perwakilan perusahaan Jepang di bidang bandar udara. Kunjungan kerja Menhub di Tokyo, Jepang, akan ditutup dengan pertemuan dengan pihak JICA dengan Senior Vice President of JICA Hataeda Mikio yang membahas beberapa hal terkait kerja sama di bidang transportasi.

Dalam kunjungan kerja ini, Menhub didampingi oleh Plh Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.(pr/prh)